Pages

Mengakui Kesalahan diawal ajaran baru dan mencari solusinya

Sabtu, 20 Juli 2019


Kegiatan diawal masuk sekolah sangat berpengaruh terhadap kegiatan proses pembelajaran selanjutnya. Bagimana kita memberikan stimulus kepada siswa apa yang harus mereka lakukan kedepannya agar lebih baik. Hal yang paling merepotkan bagi guru/ tenaga kependidikan dalam proses pembelajaran adalah kebandalan/kesalahan - kesalahan yang dibuat oleh siswa. Kali ini kami mengusulkan bagaimana kalau kita buat Kegiatan " setiap siswa menuliskan  semua kesalahan yang pernah dilakukan dikelas / pada tahun pembelajaran sebelumnya" bagaimana langkah - langkahnya? Ayokita baca tulisan ini sampai habis ya...

Sebelum memberikan instruksi itu, kita hendaknya menjelaskan bahwasanya orang yang beruntung itu adalah apabila hari ini lebih baik dari hari kemarin. Kebaikan akan menghasilkan kebaikan pula. Kita memberikan informasi hal positip yang kita dapatkan apabila menjadi pribadi yang baik.

Setelah itu dengan penuh keakraban, seluruh siswa menuliskan semua kesalahan yang pernah mereka lakukan. Setelah mereka menuliskan semua kesalahannya. Mereka diajak berpikir bagaimana cara mengatasi agar kesalahan tidak terulang kembali. Setelah mereka menuliskan kesalahan dan cara mengatasinya. Satu persatu mereka membacakan tulisan sudah mereka kerjakan.

 Setiap solusi yang mereka sampaikan disambut dengan Kata - kata "aamiin" dari teman - temannya. Semoga bisa menjadi doa kebaikan bagi mereka.

Setelah selesai dibacakan seluruh kertas dikumpul dan disimpan oleh guru. Tujuannya untuk menjadi evaluasi selama sebulan ke depan. Semoga saja semua kesalahan itu menjadi masa lalu dan tak pernah terulang kembali. Menjadi pribadi yang lebih baik itulah tujuan kegiatan ini dilakukan. Tetap semangat dalam kebaikan.

#ayolebihbaik
#ayolebihbermanfaat

Penulis: Sarwo Edi Subowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar